Jangan Muram, Mari ke Pasar Malam


Kebijakan.co.idJurnalisme Foto

Adi Fauzanto-5 Juli 2022 (06.00 WIB)-#9 Foto #7 Paragraf 
Jangan Muram Mari ke Pasar Malam

***

Bekasi, Kebijakan.co.id— Malam dengan pikiran yang tegang dan sepaneng, adalah malam yang panjang. Rehat atau jeda sejenak adalah solusinya.

Mengunjungi tempat yang sekiranya membawa efek melepaskan yang ada, seperti melihat banyak orang tertawa –bagi mereka yang suka keramaian– atau melihat objek dengan tenang, tanpa memikirkan apapun di baliknya, hanya memperhatikan -bagi mereka yang suka kesendirian dan kesunyian.

Pasar malam merupakan salah satu tempat yang kita dapat melihat kumpulan banyak orang tertawa, lampu kelap-kelip di mana-mana, dan tentu hiburan di dalamnya. Inilah salah satu hiburan yang murah dan terjangkau. Meski di dalamnya belum tentu aman –baik itu wahana atau lingkungannya. Salah satunya, motor yang keluar dari lintasan Tong Standkarena kelalaian joki dan minimnya keamanan berbentuk pagar untuk penonton.

Cukup dengan uang parkir dan beberapa ribu untuk wahana, bisa masuk dalam suasana gemerlap industri kebahagiaan, yang secara ekonomi juga membantu para pelapak makanan hingga melanjutkan hidup pekerja wahana. Sesederhana itu, mencari suasana bahagia.

Keadaan bahagia tersebut, menurut penelitian Seligman, dkk. dalam buku Psikologi Positif (2007) terdapat 3 faktor. Pertama, faktor bawaan atau genentik, misalnya keadaan sakit secara fisik atau psikis.

Kedua, faktor lingkungan atau keadaan sekitar, misalnya situasi kehidupan kita -pekerjaan, keuangan, dan keluarga. Ketiga, ialah faktor yang dapat dikendalikan atau kehendak oleh diri sendiri, hal tersebut bergantung kepada karakter diri sendiri.

Pasar malam tentu masuk ke dalam faktor kedua –yaitu lingkungan atau keadaan sekitar– sebab kondisi lingkungan yang hingar bingar dan yang pasti tidak ada tangisan juga kesedihan, hanya ada senyuman dan kebahagiaan terpancar dari raut muka pengunjung dan seisinya.

Selamat datang di Pasar Malam depan pintu gerbang Jatisari Permai, Jatiasih, Kota Bekasi.

Biang lala sedang berputar di Pasar Malam (Jangan Muram, Mari ke Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Biang Lala sedang berputar di Pasar Malam (Jangan Muram, Mari ke Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Anak muda bermain wahana bertaruh untuk hadiah gawai di depannya (Bertaruh di Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Anak muda bermain wahana bertaruh untuk hadiah gawai di depannya (Bertaruh di Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Pengunjung pasar malam sedang mengantre untuk naik Kora-Kora di Pasar Malam (Kora-Kora Pembawa Gembira/Adi/Kebijakan.co.id)
Pengunjung pasar malam sedang mengantre untuk naik Kora-Kora di Pasar Malam (Kora-Kora Pembawa Gembira/Adi/Kebijakan.co.id)
Seorang 'kepala pemasaran' Tong Stand sedang mengumumkan bahwa sebentar lagi joki Tong Stand akan beraksi
Seorang ‘kepala pemasaran’ Tong Stand sedang mengumumkan bahwa sebentar lagi joki Tong Stand akan beraksi (Pantang Diam, Sebelum Penonton Datang/Adi/Kebijakan.co.id)
Joki atau pembalap Tong Stand sedang mempersiapkan aksinya, dengan menyuarakan motornya
Joki atau pembalap Tong Stand sedang mempersiapkan aksinya, dengan menyuarakan motornya (Sensasi di Atas Tong Stand/Adi/Kebijakan.co.id)
Anak-anak yang sedang bermain trampolin di Pasar Malam
Anak-anak yang sedang bermain trampolin di Pasar Malam (Jatuh Lalu Melompat Lebih Tinggi/Adi/Kebijakan.co.id)
Sepasang sejoli sedang berbincang untuk ikut bertaruh lempar bola di Pasar Malam
Sepasang sejoli sedang berbincang untuk ikut bertaruh lempar bola di Pasar Malam (Melempar Bola dengan Sang Tercinta/Adi/Kebijakan.co.id)
Balon berbentuk cinta yang di jajakan di Pasar Malam dan antrean tiket Biang Lala
Balon berbentuk cinta yang di jajakan di Pasar Malam dan antrean tiket Biang Lala (Ekonomi Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Spanduk Princess Tong Stand di depan pintu masuk dan pohon yang rimbun disampingnya
Spanduk Princess Tong Stand di depan pintu masuk dan pohon yang rimbun di sampingnya (Kebahagiaan Pasar Malam/Adi/Kebijakan.co.id)
Fotographer Adi Fauzanto
Diterbitkan: Minggu, 05 Juli 2022 
Pukul: 06.00 WIB
Fotographer: Adi Fauzanto  
Lokasi :      
•  Pasar Malam Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi
Kamera :
• Handphone
Edit :
• Snapseed
Daftar Bacaan :
• Iman Setiadi Arif. 2007. Psikologi Positif, Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Penerbit Gramedia: Jakarta
TV One. 2022. Pertunjukan Atraksi Tong Setan di Jember Makan Korban, Empat Terluka. YoutubeTV One. 2022. Belasan Bocah Jadi Korban Atraksi Tong Setan. Youtube (Video dapat menggangu kenyamanan anda)   

Berlangganan
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar